Kunjungan Ke KKP RI, DPRD Sibolga Beberkan Keluhan Nelayan

oleh
Foto : Dua Wakil Ketua DPRD Sibolga Hendra Sahputra dan Jamil Zeb Tumori melakukan kunjungan ke Kementerian Kelautan RI di Jakarta. Kamis (31/5/2018)

JAKARTA, (KIRABNews.com) : Menyikapi berbagai permasalahan perlindungan nelayan serta bantuan pusat bagi nalayan Sibolga. Kordinator Komisi II Hendra Sahputra dan Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori melakukan kordinasi ke kantor kementrian Kelautan dan Perikanan RI di Jakarta. Kamis (31/5/2018).

Dihadapan kepala bidang pengadaan bantuan Kapal nelayan, mesin dan alat tangkap ikan serta kepala bidang urusan keselamatan, asuransi dan kartu nelayan KKP RI, Hendra Sahputra mengungkapkan sejumlah persoalan yang kini tengah dihadapi masyarakat nelayan Kota Sibolga.

Disebutkan, berdasarkan data Kementerian Kelautan RI. April 2018 lalu Dinas Perikanan Kota Sibolga mengusulkan empat nama koperasi sebagai penerima bantuan kapal. Dan dari hasil evaluasi akhir, bulan Juni 2018 ini KKP akan mengumumkan nama-nama koperasi yang menerima bantuan tersebut.

“ Tentunya kita berharap empat nama Koperasi yang diusulkan itu memenuhi persyaratan dan berhak menerima bantuan. Selain itu segala bentuk bantuan dan kegiatan KKP untuk anggaran 2018 dapat dimanfaatkan para nelayan di Kota Sibolga,” pintanya.

Dikatakan, sedangkan untuk bantuan kartu asuransi nelayan yang ditampung pada APBN tahun ini Kota Sibolga mendapatkan 3.000 kuota dengan ketentuan bagi nelayan yang melaut menggunakan kapal dibawah 10 GT.

“Bagi nelayan yang telah menerima asuransi nelayan tahun sebelumnya dapat di tampung pada APBD atau melalui kegiatan asuransi mandiri yang di lakukan oleh para pengusaha kapal,” sebutnya.

Dari hasil pertemuan yang dilakukan, Hendra Sahputra yang merupakan sekretaris Partai Nasdem Kota Sibolga ini meminta agar DKP Sibolga segera melakukan sosialisasi serta mengumpulkan seluruh data nelayan yang memiliki kartu untuk pengurusan asuransi nelayan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *